Membuat Multiboot dalam satu flasdisk, materi uji kompetensi



Di tutorial ini kita akan membahas  cara membuat sebuah USB Installer untuk Beberapa bootable atau multi bootable tools yang dapat dieksekusi melalui USB Boot antara lain Active@Boot Disk, Distro Linux, Heren Boot. Antivirus dan masih banyak lagi, tidak ketinggalan tentunya Windows
Di tutorial kali ini kita akan membuat multi bootable flasdisk.. windows 8 dan ubuntu 11.04
Atau terserah agan2 jika ingin menambahkan lebih banyak boot lagi... tentu saja tergantung jumlah kapasitas flasdisk kita.. dalam tutorial ini saya menggunakan flasdisk 4 GB.


  • Tools wajib pertama pastinya YUMI, Anda dapat mencarinya di google atau silahkan download disini
  • Sebuah USB Flash Disk, dalam kesempatan ini saya menggunakan USB Flash Disk dengan kapasitas 4GB.
  • File Live CD (file berformat ISO) yang akan diinjek ke USB. Dalam percobaan ini saya menggunakan Windows 8, windows XP SP3,Linux Ubuntu 11.04 Lts Ingat, aplikasi ini hanya mendukung file Live CD berformat ISO
  • Seperangkat PC / Notebook.

Ok gan Perlengkapannya sudah siap, lanjut langkah – langkah berikut.


  • Langkah pertama sudah pasti, nyalakan PC/NB, tunggu sampai windows siap, colokkan USB Flash Disk dan jalankan YUMI, klik Agree untuk melanjutkan.


  • Setelah jendela YUMI terbuka sedapat mungkin ikuti langkah – langkah ini secara berurut, Step 1, Pilih posisi device, dalam tutorial ini USB Flash Disk saya berada pada posisi I, checklist menu “We Will Fat32 Format I:\Drive!, kemudian di Step 2 pilih distribusi ISO yang akan digunakan, pada tahap ini saya akan memulai dengan Linux Ubuntu 11.04







  • Selanjutnya akan ada jendela peringatan seperti berikut, klik Yes untuk melanjutkan.


Jika prosesnya berahasil, proses selanjutnya adalah proses pembuatan grub loader dan dilanjutkan dengan penyalinan file ISO ke dalam Multiboot, tunggu hingga prosesnya berlanjut.






Setelah proses di atas selesai akan kembali ke jendela berikut, klik next untuk melanjutkan



Setelah proses di atas selasai maka Multiboot sudah dibuat, tapi didalamnya yang ada hanya Lunux Ubuntu 11.04, karena masih ada file ISO yang akan kita tambahkan, untuk jendela selanjutnya klik Yes untuk menambahkan file ISO.  



Selanjutnya, akan kembali jendela utama YUMI, di bagian ini jangan ceklis format drive... langsung saja ke step2..Dalam tutorial ini saya akan menambahkan), windows 8. selanjutnya ke step 3, pilih lokasi (Browse) dan klik create.


proses selanjutnya adalah proses pembuatan grub loader dan dilanjutkan dengan penyalinan file ISO windows 8 ke dalam Multiboot, sama seperti proses pembuatan grub loader Ubuntu 11.04 yang telah kita buat sebelumnya tunggu hingga prosesnya berlanjut. 
jika sudah selesai  klik next 
 Untuk jendela selanjutnya, klik No karena tidak adal lagi file ISO yang akan ditambahkan..atau klik yes jika agan2 ingin menambah bootable yang lain...  






Proses penyalinan file ISO di atas akan memakan waktu yang lamanya tergantung besar kecilnya file ISO yang bersangkutan.

Selanjutnya klik Finish untuk menyelesaikan   





Ok gan, USB Multiboot buatan kita sudah jadi, bagi yang ingin langsung praktek, silahkan restart PC/NB Anda dan boot dari USB, hasilnya akan tampil seperti berikut
 



Screen di atas hanya akan bertahan beberapa saat, jika Anda tidak memilih apa – apa, boot akan berlanjut ke HDD (Windows yang lama). 

terima kasih :) telah membaca...

0 comments:

Post a Comment